Memiliki blog bisnis dapat memiliki
beberapa keuntungan untuk bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang
ketat. Jika Anda tidak memiliki web merancang tahu-bagaimana, blog
merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan.
1. rendah biaya internet alat
pemasaran: Membuka rekening blogging di Blogger atau Wordpress adalah
gratis dan Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan untuk mengatur
semua dalam beberapa jam. Namun, penting untuk host blog Anda sendiri
bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak blogging gratis.
Mendaftarkan nama domain Anda sendiri dan memiliki blog Anda pada ruang
server Anda sendiri memberikan visibilitas yang lebih baik dalam
peringkat mesin pencari.
2. drive lalu lintas web ke situs
bisnis Anda: Bila Anda memiliki sebuah blog dan berikut biasa itu adalah
seperti memiliki situs web lain, tetapi dengan fungsionalitas yang
lebih rendah. Blog Anda akan bergantung pada artikel SEO, gambar, atau
video. Pengikut Anda dapat diarahkan ke website bisnis Anda jika Anda
memiliki satu, dengan tujuan mengubah bunga atau mengarah ke penjualan.
Buatlah daftar kata kunci untuk
SEO ceruk pasar Anda dan basis artikel Anda dan video pada kata kunci
tersebut. Hal ini akan mendorong kedua pencarian alami dan dibayar ke
blog Anda. Sertakan URL blog Anda di profil sosial Anda situs jejaring
mendorong teman-teman atau penggemar untuk mengikuti blog bisnis Anda.
Ini akan mengarahkan lalu lintas jika Anda memiliki reputasi untuk
informasi yang besar atau keahlian dalam niche yang Anda pilih.
3. Membangun produk atau brand
image: Anda bisa membangun merek Anda imageusing blog Anda. Orang
membaca blog Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang Anda
lakukan - tambahkan widget bisnis Anda atau tombol untuk blog Anda.
Menulis deskripsi produk atau posting infomercial.
4. Menjaga dialog pelanggan:
Blog adalah interaktif, yang berarti bahwa pembaca Anda dapat
berinteraksi dengan Anda melalui komentar dan pertanyaan diposting di
blog (yang dapat dimoderasi). Ini adalah kesempatan Anda untuk menimbang
pendapat pelanggan, saran, dan komentar.
5. Keuntungan pelanggan baru:
Beberapa pengikut dapat merekomendasikan blog Anda kepada orang lain
membawa Anda prospek bisnis baru.
6. Jaringan dengan bisnis serupa
lainnya: Semua bisnis berjalan di jaringan internal dan eksternal.
Menjaga dengan blog yang sama dan artikel mereka dapat memberikan Anda
kesempatan untuk mengomentari artikel mereka sambil menambahkan nilai
kepada mereka menyajikan pengetahuan Anda pada subjek. Seorang pembaca
yang tertarik di blog mereka bisa mengklik-melalui dengan Anda untuk
membaca lebih lanjut! Jenis klik-through bebas dan menghasilkan lebih
banyak lalu lintas ke blog Anda.
7. public relations stopkontak
Besar: Dalam kasus ini, bisnis Anda berjalan ke beberapa pers buruk blog
Anda bisa menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan bersih. Anda dapat
membuat berdiri Anda jelas atau tantangan opini publik. Sebagai pembaca
reguler menyadari siapa Anda dan tahu Anda dari interaksi online biasa,
Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menggalang dukungan
melalui cara virus.
Blog bagi perusahaan sebenarnya
bukanlah sebuah solusi akhir untuk pemasaran. Perusahaan tidak dapat
menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Namun demikian,
penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang
wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan
CNN semuanya memiliki blog.
Lalu apa manfaat blog bagi
perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin
hubungan yang baik dengan pelanggan serta sebagai media menjaring
inputan dari pelanggan. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan
pendapat, perasaan, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai
produk tersebut, melalui blog. Dengan memiliki blog, perusahaan akan
dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera
mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Kita dapat mengambil
pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi
jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).
Komunikasi dengan Pelanggan
Blog
dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel
maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk
terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau
masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun
pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan
yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan
adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/,
Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk
acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun
perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang
terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi
antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi
perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk
membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel,
jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan
yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa
bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti
banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Sebagai contoh kecil berdasarkan
pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial
mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya,
http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam
bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan
tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan
membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya
bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.
Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan
dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu
produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian
tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut
berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan
situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis.
Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat
orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk
menonton film saat dirilis.
Meningkatkan Penjualan
Buzz
Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords.
ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software
yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder
atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang
ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari
50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog
seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review di
USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin
beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang
dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite.
Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat
menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen
menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka
dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya.
Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal,
http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen
pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya
perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen
dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak
akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika
perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan
dengan segera melakukan perbaikan.
Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi
internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana
komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong
untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan,
komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing.
Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan
suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos
kerja dan produktivitas karyawan.
sumber tulisan: http://www.wahyu-winoto.com/2012/02/manfaat-blog-pada-bisnis-pribadi-maupun.html
Tertarik ingin membuat blog di ER-Print, Jika ingin tanya-tanya dulu / konsultasi seputar blog silahkan kontak saya: VIA BBM: 5CA2F124 / TELEPON: 085249141710 (TIDAK MELAYANI SMS)
DISARANKAN VIA BBM AGAR LEBIH NYAMAN KONSULTASINYA.
ALAMAT: JL.KELAYAN.B RT.07 NO.18 (SAMPING GANG AMPALAM) MELEWATI PASAR BAIMBAI, DIDEPAN TOKO ER-PRINT ADA DUA BUAH POHON BESAR.
DISARANKAN VIA BBM AGAR LEBIH NYAMAN KONSULTASINYA.
ALAMAT: JL.KELAYAN.B RT.07 NO.18 (SAMPING GANG AMPALAM) MELEWATI PASAR BAIMBAI, DIDEPAN TOKO ER-PRINT ADA DUA BUAH POHON BESAR.
0 komentar:
Posting Komentar